PENGERTIAN DAN SEJARAH JAVA
Pengenalan Java
Java adalah salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP-Object Oriented Programming). Paradigma OOP menyelesaikan masalah dengan merepresentasikan masalah ke model objek.
Pemrograman Berorientasi
Obyek (OOP)
Pemisalan Objek dalam
OOP
Objek-objek dalam dunia nyata, mempunyai 2 karakteristik khusus : Status dan Perilaku. Contohnya, sepeda punya status(jumlah gir, jumlah pedal, dua buah ban) dan perilaku(mengerem, mempercepat,
Objek-objek dalam dunia nyata, mempunyai 2 karakteristik khusus : Status dan Perilaku. Contohnya, sepeda punya status(jumlah gir, jumlah pedal, dua buah ban) dan perilaku(mengerem, mempercepat,
ubah gir).
Bahasa yang berorientasi
pada objek pun mempunyai karakteristik yang sama dengan objek-objek di dunia
nyata. Yaitu status yang dalam bahasa pemrograman biasanya disimpan sebagai
Variabel dan perilaku yang diimplementasikan sebagai Method.
Sejarah Java
Dimulai pada tahun 1991
dibentuknya suatu tim yang diberi nama green
Tim ini dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling (Sekelompok insinyur Sun ).
Awalnya mereka ingin membuat suatu bahasa komputer yang dapat digunakan oleh TV kabel ( Cable TV Box) yang memiliki memori kecil dan setiap perusahaan memiliki tipe yang berbeda.
Untuk mengaplikasikan hal tersebut mereka menggunakan hal yang pernah dicoba oleh bahasa pascal.
Sebelumnya Niclaus Wirth telah membuat sebuah bahasa yang portable yang akan digunakan dalam mesin bayangan selanjutnya ini disebut sebagai Virtual Mesin namun saat itu belum diumumkan.
Akhirnya tim green mengunakan ide ini akhirnya mereka menciptakan Java Virtual Mesin.
Vitual mesin inilah yang menbuat java dapat dijalankan diberbagai platform.
Pada tahun 1992 tim green membuat produknya yang diberi nama *7 (Star Seven )
Namun produk ini gagal dipasaran.
Tim ini dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling (Sekelompok insinyur Sun ).
Awalnya mereka ingin membuat suatu bahasa komputer yang dapat digunakan oleh TV kabel ( Cable TV Box) yang memiliki memori kecil dan setiap perusahaan memiliki tipe yang berbeda.
Untuk mengaplikasikan hal tersebut mereka menggunakan hal yang pernah dicoba oleh bahasa pascal.
Sebelumnya Niclaus Wirth telah membuat sebuah bahasa yang portable yang akan digunakan dalam mesin bayangan selanjutnya ini disebut sebagai Virtual Mesin namun saat itu belum diumumkan.
Akhirnya tim green mengunakan ide ini akhirnya mereka menciptakan Java Virtual Mesin.
Vitual mesin inilah yang menbuat java dapat dijalankan diberbagai platform.
Pada tahun 1992 tim green membuat produknya yang diberi nama *7 (Star Seven )
Namun produk ini gagal dipasaran.
Setelah itu dibuat produk yang baru. Inilah java, pada awalnya bahasa pemrograman yang dibuat tersebut diberi nama “oak “ (Kemungkinan nama ini diambil dari nama pohon yang ada didepan jendela James Gosling)
Namun setelah diperiksa ternyata nama oak sudah pernah digunakan. Maka lahirlah nama “ Java “
Pada tahun 1993 sampai pertengahan 1994 tim green yang mempunyai nama baru First person. Inc hanya menghabiskan waktu dengan memperhatikan penjualan dari produknya. Ternyata tidak satupun orang ditemukan. Akhirnya pada tahun 1994 First Person dibubarkan.
Pada tahun itu Web berkembang sangat pesat saat itu browser yang banyak digunakan adalah Mosaic suatu broser yang gratis.
Dalam suatu wawancara pada pertengahan tahun 94 James Gosling mengatakan “We could build a real cool browser. It was one of the few things in the client/serve mainstream that needed some of the weird things we’d done: architecture neutral, real-time,reliable, secure—issues that weren’t terribly important in the workstation world. So we built a browser.”
Akhirnya dibuatlah suatu browser oleh Patrick Naughton dan Jonathan Payne.
Browser itu diberi nama Hot Java. Browser ini dibuat dengan menggunakan bahasa java untuk menunjukkan kemampuan dari java.
Yang tidak kalah hebatnya mereka juga membuat teknologi yang disebut Aplet sehingga browser dapat menjalankan kode program didalam browser.
Inilah bukti dari teknologi itu yang ditunjukkan java pada tanggal 25 mei 1995
Sejak saat itu browser java memberikan lisensinya kepada browser lain untuk bisa menjalankan Applet dan pada tahun 1996 diberikan pada Internet Explorer.
Akhirnya pada tahun 1996 dikeluarkan versi pertama dari java dengan mengeluarkan java 1.02
Pada tahun 1998 dikeluarkan java 1.2 dan java mulai mengeluarkan slogannya “Write once, Run anywhre “
Edisi Java
Java adalah bahasa yang
dapat dijalankan dimanapun dan di sembarang platform apapun, di beragam
lingkngan : internet, intranets,consumer electronic products, dan computer
applications.The java 2 platform tersedia dalam 3 edisi untuk keperluan
berbeda. Untuk beragam aplikasi yang dibuat dengan bahasa Java, java dipaketkan
dalam edis – edisi berikut :
1.Java 2 Standard Edition ( J2SE )
2.Java 2 Enterprise dition ( J2EE )
3.Java 2 Micro Edition ( J2ME )
Masing – masing edisi berisi Java 2 Software Development Kit ( J2SDK ) untuk mengembangkan aplikasi dan Java 2 Runtime Environent ( J2RE ) untuk menjalankan aplikasi.
Kelebihan Java di bandingkan dengan C++
Pembuat program java telah merancang java untuk menghilangkan pengalokasian dan dealokasi memori secara manual, karena java memiliki Garbage Collection
Diperkenalkannya deklarasi array yang sebenarnya dan menghilangkan aritmatika pointer. Hal ini yang sering menyebabkan memori overwrite.
Dihilangkannya multiple inheritance, mereka menggantinya dengan interface.
1.Java 2 Standard Edition ( J2SE )
2.Java 2 Enterprise dition ( J2EE )
3.Java 2 Micro Edition ( J2ME )
Masing – masing edisi berisi Java 2 Software Development Kit ( J2SDK ) untuk mengembangkan aplikasi dan Java 2 Runtime Environent ( J2RE ) untuk menjalankan aplikasi.
Kelebihan Java di bandingkan dengan C++
Pembuat program java telah merancang java untuk menghilangkan pengalokasian dan dealokasi memori secara manual, karena java memiliki Garbage Collection
Diperkenalkannya deklarasi array yang sebenarnya dan menghilangkan aritmatika pointer. Hal ini yang sering menyebabkan memori overwrite.
Dihilangkannya multiple inheritance, mereka menggantinya dengan interface.
Pengertian Java
Java adalah bahasa pemrograman yang multi platform dan multi device. Sekali anda menuliskan sebuah program dengan menggunakan Java, anda dapat menjalankannya hampir di semua komputer dan perangkat lain yang support Java, dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan sama sekali dalam kodenya. Aplikasi dengan berbasis Java ini dikompulasikan ke dalam p-code dan bisa dijalankan dengan Java Virtual Machine. Fungsionalitas dari Java ini dapat berjalan dengan platform sistem operasi yang berbeda karena sifatnya yang umum dan non-spesifik.
Slogan Java adalah “Tulis sekali, jalankan di manapun”. Sekarang ini Java menjadi sebuah bahasa pemrograman yang populer dan dimanfaatkan secara luas untuk pengembangan perangkat lunak. Kebanyakan perangkat lunak yang menggunakan Java adalah ponsel feature dan ponsel pintar atau smartphone.
Kelebihan dan Kekurangan
Setelah membahas mengenai pengertian java,
selanjutnya kita membahas mengenai kelebihan dan kekurangan java. Kelebihan
Java yang pertama tentu saja multiplatform. Java dapat dijalankan dalam
beberapa platform komputer dan sistem operasi yang berbeda. Hal ini sesuai
dengan slogannya yangs udah dibahas sebelumnya. Yang kedua adalah OOP atau
Object Oriented Programming. Java memiliki library yang lengkap. Library disini
adalah sebuah kumpulan dari program yang disertakan dalam Java. Hal ini akan
memudahkan pemrograman menjadi lebih mudah. Kelengkapan library semakin beragam
jika ditambah dengan karya komunitas Java.
Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan
kekurangan. Kekurangan yang dimiliki oleh Java adalah pada satu slogannya,
takni “Tulis sekali dan jalankan dimana saja” ternyata tidak sepenuhnya benar.
Beberapa hal harus disesuaikan jika dijalankan pada platform yang berbeda.
Misalnya untuk J2SE dengan platform SWT-AWT bridge tidak dapat berfungsi di Mac
OS X. Kekurangan lainnya adalah kemudahan aplikasi Java didekompilasi.
Dekompilasi adalah suatu proses membalikkan sebuah aplikasi menjadi kode
sumbernya. Hal ini memungkinkan terjadi pada Java karena berupa bytecode yang
menyimpan bahasa tingkat tinggi. Hal ini terjadi pula pada platform .NET dari
Microsoft sehingga program yang dihasilkan mudah dibajak kodenya karena sulit
untuk disembunyikan.
Kekurangan Java yang lain adalah
penggunaan memori yang cukup banyak, lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi
sebelum generasi Java. Namun hal ini memang sesuai dengan fitur beragam yang
dimiliki oleh Java. Masalah memori ini juga tidak dialami oleh semua pengguna
aplikasi Java. Mereka yang sudah menggunakan perangkat keras dengan teknologi
terbaru tidak merasakan kelambatan dan konsumsi memori Java yang tinggi. Lain
halnya dengan mereka yang menggunakan teknologi lama atau komputer yang sudah
berumur tua lebih dari empat tahun akan merasakan adanya kelambatan. Namun
apapun kelemahan yang dimiliki Java, faktanya adalah Java merupakan bahasa
pemrograman yang populer dan digunakan di seluruh dunia saat ini.
TIPE DATA, VARIABEL, OPERATOR DAN CONTOH PROGRAM
A. Pengertian Tipe Data
Tipe data
biasanya digunakan untuk menentukan jenis nilai yang dapat ditampung oleh suatu
variabel. Apabila kita membutuhkan tipe data yang belum tersedia, kita dapat
mendefinisikan sendiri tipe data baru yang disebut enumerated type. Tipe
data juga merupakan jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi
kebutuhan dalam pemrograman komputer. Setiap variabel atau konstanta yang ada
dalam kode program, sebaiknya kita tentukan dengan pasti tipe datanya. Ketepatan
pemilihan tipe data pada variabel atau konstanta akan sangat menentukan
pemakaian sumberdaya komputer (terutama memori komputer). Salah satu tugas
penting seorang programmer adalah memilih tipe data yang sesuai untuk
menghasilkan program yang efisien dan berkinerja tinggi. Ada banyak tipe data
yang tersedia, tergantung jenis bahasa pemrograman yang dipakai.
B. Macam - Macam Tipe Data
1. Tipe
Data Sederhana
Merupakan tipe data
dasar yang sering digunakan programmer.
Penggolongan tipe data integer
tersebut dimaksudkan untuk membatasi alokasi memori yang dibutuhkan. Misalkan
untuk suatu perhitungan dari suatu variabel bilangan diperkirakan nilai
maksimumnya 32767 kita cukup mendeklarasikan variabel bilangan sebagai integer
(2 byte), daripada sebagai longint(4 byte). Didalam kompilernya, Pascal
menyediakan konstanta untuk bilangan Integer yaitu: MaxInt and MaxLongInt,
pemrogram bisa menggunakannya didalam programnya tanpa harus terlebih dahulu
mendefinisikannya. Contoh bilangan integer adalah: 34 6458 -90 0 1112.
=> Penggolongan Tipe Data Integer
Tipe data
|
Ukuran
|
Tempat Rentang Nilai
|
Byte
|
1 Byte
|
0 s/d +255
|
Shortint
|
1 Byte
|
-28 s/d +127
|
Integer
|
2 Byte
|
-32768 s/d 32767
|
Word
|
2 Byte
|
0 s/d 65535
|
Longint
|
4 Byte
|
2147483648 s/d 2147483647
|
- Real ( Bilangan Pecahan )
Bilangan real atau nyata merupakan
jenis bilangan pecahan, dapat dituliskan secara biasa atau model scientific .
Contoh bilangan real: 34.265 -3.55 0.0 35.997E+11, dimana E merupakan simbol
perpangkatan 10. Jadi 452.13 mempunyai nilai sama dengan 4.5213e2.
=> Penggolongan Tipe Data Real
Tipe data
|
Ukuran
|
Tempat Rentang Nilai
|
Real
|
6 Byte
|
2.9 x 10-39 s/d 1.7 x1038
|
Single
|
4 Byte
|
2.9 x 10-39 s/d 1.7 x1038
|
Double
|
8 Byte
|
5.0 x 10-324 s/d 1.7 x10308
|
Extended
|
10 Byte
|
3.4 x 10-4932 s/d 1.1 x104932
|
Comp
|
8 Byte
|
3.4 x 10-4932 s/d 1.1 x104932
|
- Bolean ( Logika )
Merupakan tipe data logika, yang
berisi dua kemungkinan nilai: TRUE (benar) atau FALSE (salah). Turbo Pascal for
Windows memiliki tiga macam jenis ini yaitu: Boolean,WordBool, dan LongBool.
Tipe Boolean memakai memori paling kecil, sedangkan WordBool dan LongBool
dipakai untuk menulis program yang sesuai dengan lingkungan Windows.
=> Penggolongan tipe data bolean
Tipe data
|
Ukuran Tempat
|
Boolean
|
1 Byte
|
WordBool
|
2 Byte
|
LonggBool
|
3 Byte
|
2. Tipe Data Terstruktur
Tipe ini terdiri atas
: array, record, set, dan file.
String adalah tipe data jenis array,
tetapi karena string memiliki kekhasan tersendiri sebagai array dari karakter
maka penulis perlu memberikan penjelasan tersendiri. Sedangkan untuk array,
record, dan file perlu dijelaskan dalam bab yang lain karena agak banyak
hal-hal yang perlu dibahas, seperti :
- Tipe Data String
Merupakan suatu data yang menyimpan
array (larik),sebagai contoh: 'ABCDEF' merupakan sebuah konstanta string yang
berisikan 6 byte karakter.Ukuran Tempat untuk tipe data ini adalah 2 s/d
256byte, dengan jumlah elemen 1 s/d 255. String dideklarasikan dengan string [
konstanta ] atau string. Bila ukuran string tidak didefinisikan maka akan
banyak memakan ruang, karena ukuran string menyesuaikan dengan defaultnya.
- Array
Suatu array adalah sebuah struktur
data yang terdiri atas banyak variabel dengan tipe data sama, dimana
masing-masing elemen variabel mempunyai nilai indeks. Setiap elemen array mampu
untuk menyimpan satu jenis data (yaitu: variabel).
- Record
Sebuah record rekaman disusun oleh
beberapa field. Tiap field berisi data dari tipe dasar /bentukan tertentu.
Record mempunyai kelebihan untuk menyimpan suatu sekumpulan elemen data yang
berbeda-beda tipenya (dibanding array).
C. Pengertian Variabel
Variabel dapat
didefinisikan sebagai tempat untuk menyimpan data yang memiliki suatu Tipe
data, variabel ini akan diwakili oleh suatu lokasi di memori komputer kita.
Dengan menggunakan nama variabel ini kita akan dapat mengakses data yang
tersimpan di memori tersebut.
Penamaan Variabel
Aturan dalam pembuatan variable
adalah sebagai berikut :
- Terdiri dari huruf, angka dan under score (_)
- Nama harus diawali dengan huruf. Under score juga dapat digunakan untuk mengawali nama suatu variabel tetapi ini tidak disarankan.
- C# adalah bahasa yang case sensitif, variabel dengan nama umur tidak sama dengan Umur.
- Keyword tidak bisa digunakan sebagai nama variabel, kecuali kalau keyword ini diawali dengan karakter @.
Ada 3 cara dalam
mendeklarasikan/penulisan Variabel adalah sebagai berikut:
1. TypeData Nama_variabel;
Contoh :
string nama_barang;
int jumlah;
nama_barang=”Buku”;
jumlah=2;
2. TypeData
Nama_variabel=initial_value
Initial_value dalah nilai awal yang
diberikan terhadap variable tersebut ketika variable tersebut pertama kali
dibaca
Contoh :
string nama_barang=”Buku”;
int jumlah=2;
3. TypeData Nama_variabel1,
Nama_variabel2, Nama_variabel2;
Apabila ada beberapa variable yang
mememiliki tipe data yang sama maka dapat ditulis sebagai berikut :
string kode_barang,nama_barang;
D. Operator Aritmatika
Operator yang
digunakan untuk melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan
perkalian atau operator yg digunakan untuk melakukan perhitungan pada
bilangan.
Contoh Penggunaan Operator
=> Menggunakan operator
arithmetic dasar :
Operator Aksi
Contoh
Penejelasan
+
Penjumlahan 5 + 9
Menghasilkan nilai : 14
-
Pengurangan 9 – 4
Menghasilkan nilai : 5
*
Perkalian 5 * 6
Menghasilkan nilai : 30
/
Pembagian 20 / 4
Menghasilkan nilai : 5
%
Modulus 9 % 4
Menghasilkan nilai : 1
=> Beberapa operator perbandingan
yang lain adalah sebagai berikut :
Operator
Arti
Contoh
Menghasilkan benar (true) ketika :
==
Sama dengan
$i == $j
$i dan $j mempunyai nilai yang sama
<
Kurang
dari
$i < $j
$i kurang dari $j
> Lebih dari
$i > $j
$i lebih dari $j
<=
Kurang dari atau
sama dengan $i <= $j
$i kurang dari atau sama dengan $j
>=
Lebih dari atau sama dengan $i
>= $j $i lebih dari atau sama
dengan $j
!=
Tidak sama dengan
$i !=
$j $i tidak sama dengan $j
< Tidak
sama dengan
$i
<> $j $i tidak sama dengan $j
E. Contoh Program
E. Contoh Program
Bagian
deklarasi tipe data dan nama variabel
>> Tipe Data : int , string , double
>> Variabel : nilai1, nilai2, a1 , a2, sisa, bagi,tambah, kurang, bagi
>> Tipe Data : int , string , double
>> Variabel : nilai1, nilai2, a1 , a2, sisa, bagi,tambah, kurang, bagi
Bagian
yang membaca inputan dari user
>> a1 : variabel yang menyimpan inputan dari user
>> nilai1 : variabel yang menyimpan inputan dari user tetapi sudah diubah kedalam tipe data integer.
>> a1 : variabel yang menyimpan inputan dari user
>> nilai1 : variabel yang menyimpan inputan dari user tetapi sudah diubah kedalam tipe data integer.
Bagian yang melakukan aritmarika operator
>> sisa, bagi, tambah, kurang, kali : merupakan variabel yang menyimpan nilai hasil dari aritmatika nilai1 dan nilai2.
Bagian untuk mencetak nilai yang ada pada variabel yang sesudah melakukan aritmatika
Bagian yang melakukan sebuah kondisi pada boolean.
>> bool : pendeklarasian tipe data boolean
>> kondisi1, kondisi2, kondisi3 : variabel
>> variabel tersebut akan dibandingkan dengan variabel lagi menggunakan beberapa operator, bedah nya kalau tipe data boolean hanya menyimpan true / false. jika hasil dari aritmatia itu benar maka yang dicetak ada true, begitu sebaliknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar